Daging Cincang Lada Hitam “Seadanya”

dagingCincang 070517

Seminggu yang lalu suami request spaghetti bikinan istri, jadilah kami belanja bahan-bahan untuk bikin spaghetti, seperti saus bolognese, daging cincang, bawang bombay, dan – tentu saja – spaghetti-nya *ya iyalah* 😛

Sebagai istri yang irit hemat, bahan-bahan itu nggak saya habiskan langsung semuanya. Bawang bombay dan daging cincang saya sisakan separuhnya. Begitu aja spaghetti-nya udah enak banget, kata suami. Tsah. *Loh ini mau ngomongin spaghetti atau apa, sih?? Kok nggak sesuai judul??*

Continue reading

Ayam Lada Hitam “Secukupnya”

Postingan #MaretMenulis saya berhenti di hari ke-8, maka dengan ini saya menyatakan diri nggak lulus #MaretMenulis. Alasannya sangat biasa: dikejar deadline 😀

Jadi sekarang saya kembali ke postingan biasa aja, nggak pake tagar #MaretMenulis lagi, meski sekarang masih bulan Maret. Karena kalo masih pake tagar #MaretMenulis ada beban “harus” nulis setiap hari sampai bulan Maret abis. Hehe…

Karena seminggu ini saya dikejar deadline, nyaris hampir setiap hari saya nggak sempat masak. Kalo nggak beli makanan jadi, paling masak yang gampang-gampang aja kayak cuma bikin telur mata sapi atau telur dadar atau bikin mie *mana gizinya???* Nah berhubung sekarang deadline-nya udah selesai, ada waktu senggang sebelum mulai kerjaan baru, jadi ada waktu buat masak.

Tapi tetep… Maunya masak yang nggak susah-susah amat dan bahannya udah ada di kulkas; ada ayam yang tinggal beberapa potong, lada hitam, mentimun. Cari-cari ide dan resep, akhirnya pilihan jatuh pada masakan “Ayam Lada Hitam”. Tinggal beli paprika, bawang bombay, dan daun selada.

ayamLadaHitam170315_b

Continue reading

#MaretMenulis 4: Daun Selada

Belakangan ini saya sedang hobi menambahkan daun selada di hampir setiap menu makanan sehari-hari di rumah. Simple, karena ga usah dimasak, cukup cuci yang bersih pake air matang. Sehat udah pasti, selain untuk penyeimbang lauk yang digoreng, juga bikin efek menyegarkan. Apalagi kalau ditambah ketimun, tambah segar rasanya. Dari segi tampilan, ayam atau ikan goreng biasa, bahkan nasi goreng sekalipun, bila disandingkan dengan daun-daun selada yang segar bisa terlihat “wah”.

Selain untuk lalapan, daun selada pastinya bisa banget buat bikin salad. Jadi tanpa persiapan yang khusus, semalam saya membuat salad. Isinya hanya daun selada, ketimun, tomat, telur rebus, plus mayonaise. Tanpa daging asap dan saus cabe (karena saya lagi menghindari pedas) udah enak banget, segar, dan bikin nagih. Besok bikin lagi, aaahh 😀

image
Mari makaaaaann! ^_^