Daging Cincang Lada Hitam “Seadanya”

dagingCincang 070517

Seminggu yang lalu suami request spaghetti bikinan istri, jadilah kami belanja bahan-bahan untuk bikin spaghetti, seperti saus bolognese, daging cincang, bawang bombay, dan – tentu saja – spaghetti-nya *ya iyalah* 😛

Sebagai istri yang irit hemat, bahan-bahan itu nggak saya habiskan langsung semuanya. Bawang bombay dan daging cincang saya sisakan separuhnya. Begitu aja spaghetti-nya udah enak banget, kata suami. Tsah. *Loh ini mau ngomongin spaghetti atau apa, sih?? Kok nggak sesuai judul??*

Sebagai orang sibuk *uhuk*, di hari-hari biasa saya nggak sempat masak. Baru sempat masak cuma di akhir pekan aja, itu pun kalau nggak pergi atau nggak malas. Jadilah bahan-bahan sisa itu tersimpan di kulkas selama seminggu.

Minggu kemarin, suami request spaghetti lagi – buat menghabiskan daging cincang. Cuma kali ini istrinya sedang kurang nafsu sama spaghetti. Agak bosen kayaknya *sombong*. Maunya masakan yang lain, tapi pakai bahan-bahan yang ada, yang masaknya lebih praktis dan cepat.

Kebayang di mata itu daging cincang pakai brokoli dan paprika. Tapi berhubung di pasar nggak ada paprika, akhirnya diganti dengan cabe merah besar. Yang penting ada merah-merahnya, yes?

Karena ini masakan praktis, saya nggak cari referensi resep. Lha wong bumbunya cuma bawang bombay dan cabe, nggak macem-macem. Paling cuma tumis bumbunya, masukin daging cincangnya, sementara brokolinya direbus di panci lain. Karena daging cincangnya beku, saya kasih air rebusan brokoli sedikit agar daging cincangnya bisa cepat masak.

Ketika sudah hampir matang, saya masukkan lada hitam yang sudah ditumbuk dan saus tiram yang tinggal setengah bungkus – yang entah kapan terakhir saya pakai, tapi yang pasti tanggal kadaluwarsanya masih lama 😀 Ternyata, kecap pedas juga masih ada di lemari, itu pun tinggal sedikit. Sudahlah semuanya saya masukkan ke wajan. Trus brokolinya saya masukkan juga, kasih air sedikit lagi, kasih garam dan sedikit penyedap – yang juga tinggal sisa. Yap, semua pakai bahan seadanya 😀

Sudah matang, icip-icip, agak keasinan sedikit, tambah air rebusan sedikit lagi, icip lagi, enak, selesai. Jadi deh, Daging Cincang Lada Hitam “Seadanya” 😀

Suami bilang rasanya enak banget. Yaah… namanya juga masak pake cinta. Masak pakai bahan seadanya pun rasanya tetap… seadanya 😛 Hahaha…

Buat yang mau tahu resepnya, gampang, kok. Bahannya cuma:

  1. Daging cincang
  2. Brokoli
  3. Paprika atau cabe merah besar
  4. Bawang bombay
  5. Lada hitam/Saus tiram/kecap pedas

Cara masaknya:

  1. Potong-potong dan tumis bawang bombay sampai setengah layu
  2. Masukkan paprika atau cabe merah besar yang sudah dipotong-potong
  3. Masukkan daging cincang. Beri air matang sedikit supaya daging cepat empuk
  4. Masukkan brokoli. Terserah mau direbus dulu secara terpisah atau mau dimasak langsung berbarengan dengan teman-temannya
  5. Tambahkan garam, penyedap, lada hitam, saus tiram, kecap pedas secukupnya. Boleh salah satu, salah dua, atau semuanya sesuai selera.
  6. Selesai! Tuang ke piring saji dan siap disantap.

Gampang, kan? Selamat makan!

Advertisements

say something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s