Tentang Konspirasi Alam

img_20160605_105403_m

Setiap orang punya path masing-masing. Dan path itu adalah sebuah konspirasi alam.

Ada yang kelihatan hidupnya sangat enak, bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dengan mudah. Path-nya kayak jalan tol; lurus, mulus, bagus. Ada juga yang kelihatan hidupnya kurang beruntung, udah berusaha keras tapi kondisinya masih ‘mblangsak’. Path-nya kayak jalan tikus; sempit, penuh liku, dan banyak rintangan. Semua orang menjalani kehidupan sesuai path-nya.

Apa kita nggak bisa milih path kita sendiri?

Misalnya, saya mau cepat sampai rumah, jadi saya pilih lewat jalan tol. Tapi bisa jadi saya malah terjebak macet parah karena ada kecelakaan. Itu terjadi karena ada “konspirasi” yang membuat saya terlambat sampai ke tujuan. Entah apa konspirasinya, yang jelas semua terjadi karena ada alasannya.

Contoh lain, saya udah beli tiket konser grup band favorit, tapi pada hari H saya sakit. Alhasil saya nggak bisa nonton konsernya. Syukur-syukur tiketnya masih bisa dijual ke seorang teman dengan separuh harga secara mendadak, daripada hangus sama sekali. Pada saat itu terasa menyebalkan, tapi mungkin memang harus begitu jalannya. Mungkin aja, kalau saya tetap nonton konser, sesuatu yang buruk bisa terjadi pada saya; terinjak-injak, mungkin? Entahlah. Sepertinya ada “konspirasi” yang membuat saya nggak jadi pergi.

Jadi kalau boleh saya bilang, path yang kita jalani itu adalah sebuah “konspirasi alam”.

Tapi path bukan cuma sekedar “jalan”, melainkan sebuah kondisi. Kalau saya punya rencana tertentu atau bayangan apa yang ingin saya lakukan tapi path saya bukan itu, ya nggak bakal kejadian.

Path, sebuah jalan yang mau nggak mau harus kita tempuh atau kondisi yang harus kita jalani untuk kebaikan kita. Kalau pun kita dihadapkan oleh beberapa pilihan, tetap aja kita akan kembali ke path kita. Karena sepertinya alam semesta memang tahu apa yang terbaik buat kita, atau bisa jadi untuk kebaikan alam semesta juga. Sebuah konspirasi untuk saling menguntungkan dan mendapatkan yang terbaik. Win-win solution.

Jadi, kalau sekarang kita sedang berhadapan dengan sebuah kondisi, jalani aja dan nikmati perjalanannya. Kalau jalannya mulus, bersyukur. Kalau jalanannya penuh rintangan, bersabar. Karena cuma itu yang bisa kita lakukan.

*ngomong sama diri sendiri yang sering lupa bersyukur dan nggak sabaran*

say something

