AR Game: DilARang Nyampah Sembarangan!

Eits, judul di atas bukan pake bahasa alay atau salah ketik, tapi emang sengaja AR-nya pake huruf kapital. Kenapa? Karena judul itu adalah judul game AR alias Augmented Reality. | Ih penting ya harus digedein AR-nya mentang-mentang game AR? | BiARin. Hehe 😛

Oke, cukup monolognya. Sekarang saya mau cerita 😉

Akhir bulan Oktober lalu di Balai Kartini diadakan festival KSAN (Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional), yang berlangsung selama 3 hari (29-31 Oktober 2013). Dari namanya aja udah jelas kalau acara ini bertemakan tentang sanitasi, air minum, dan segala hal yang berhubungan dengan kebersihan air. Selain konferensi, juga ada pameran dan aktivitas lain yang bisa dinikmati pengunjung. Salah satunya adalah game. Ada banyak game yang bertema serupa, baik permainan fisik atau permainan digital. Salah satunya ada game Augmented Reality di booth Unicef.

IMG_20131029_094842 (Custom)

Game-nya sederhana aja; pemain harus menjaga agar sungai tetap bersih. Caranya dengan menghalau sampah-sampah yang dibuang ke sungai dan melemparnya ke tempat sampah yang udah disediakan sebelum sampah-sampah itu jatuh ke sungai, dengan tangan kosong. Jadi semacam pake tenaga dalam gitu, deh 😛


IMG_20131029_094900 (Custom)
    IMG_20131029_095817 (Custom) 

Permainan hanya berlangsung kurang lebih 3 menit. Jika tingkat polusi air mencapai 80%-100%, artinya sampah terlalu menumpuk dan berakibat banjir, pemain dinyatakan gagal, karena misi tidak berhasil. Semakin rendah tingkat polusinya, pemain dinyatakan lumayan, berhasil, dan hebat.

KSAN1383021853424    KSAN1383207748971

KSAN1383204915701    KSAN1383103394370ririperfect

Nggak nyangka, banyak pengunjung antusias ingin mencoba permainan ini. Terutama anak-anak, sampai ada yang berebutan dan berjubel-jubel ingin ikut main. Kalau sudah begini, gimana mainnya coba? Hand tracking-nya bingung mau nge-detect yang mana?? Hahaha..

IMG-20131030-01405 (Custom)

Seneng banget ngeliat hasil karya kita disukai banyak orang. Kerja malam sampai begadang rasanya terbayar begitu melihat mereka antusias dan bersenang-senang :’) Dengan game ini diharapkan makin banyak orang dan anak-anak yang sadar untuk selalu menjaga kebersihan sungai/lingkungan dan nggak buang sampah sembarangan. Aamiin!

Sayang sekali saya nggak bisa ngeliat langsung, cuma dari laporan via sms dan foto-foto aja. Berhubung saya dan partner juga seorang pekerja di kantor masing-masing, jadi nggak bisa datang ke sana, apalagi jagain booth. Beruntung ada 2 teman saya yang muda-muda dan unyu-unyu; Riri dan Priant, yang bersedia menjaga booth dan menjadi operator permainan.

AR game ini adalah project freelance saya dan partner. Beberapa bulan lalu ada yang tanya apa saya bisa bikin aplikasi AR? Kebetulan saya pernah bekerja di perusahaan IT yang khusus bidang AR, pada saat itu saya udah ga kerja lagi di sana, saya freelancer dan belum bekerja di kantor yang sekarang, jadi saya terima aja. Kebetulan juga saya kenal dengan programmer AR, khususnya Flash, jadilah kami bekerja sama membuat game AR ini. Saya yang bikin artwork-nya, dia bikin programnya. Sayangnya partner saya ini nggak mau disebutkan namanya. Huhu 😛

Anyway, saya berterima kasih kepada Unicef dan pihak-pihak yang memberikan kesempatan kepada saya untuk membuat project ini, terutama kepada teman saya Atiek yang banyak membantu saya. Terima kasih juga untuk partner yang sampe nginep-nginep di rumah saya begadang ngejar deadline, terima kasih untuk suami tercinta yang ikut repot bantuin bikin desain banner dan bantu-bantu apa aja, terima kasih buat Riri & Priant yang udah sangat membantu, terima kasih untuk para pengunjung yang antusias. Tak lupa saya berterima kasih sekali buat Desi, teman dan ex atasan di Rumio, yang memperkenalkan saya pada AR. Sukses untuk kita semua. Aamiin ^_^

One thought on “AR Game: DilARang Nyampah Sembarangan!

say something

