Lagi-Lagi Soal Rokok

Seperti yang sudah pernah saya bilang, saya mantan perokok kambuhan. Sejak tahun 2009 saya nggak pernah merokok lagi. Nggak serta merta saya jadi anti rokok yang ekstrim, tapi saya udah nggak bisa tahan lagi sama asap rokok.

Saya masih bisa menghargai perokok yang menghargai orang lain; yang merokok di smoking area, yang merokok jauh-jauh dari non-perokok, yang mematikan rokok jika ada anak kecil atau orang yang terbatuk-batuk, yang nggak merokok di ruang ber-AC atau tempat umum lain yang seharusnya bebas dari asap rokok.

perokokpasifdpn_13Saya benci perokok egois yang nggak menghargai orang lain; yang merokok sembarangan di tempat umum mengepulkan asapnya ke mana-mana seperti kentut sambil berjalan, yang merokok di bus atau angkot, yang ingin merokok di smoking area tapi mengajak non-perokok ke dalam area itu, yang merokok di ruang ber-AC, yang tetap merokok meskipun ada anak kecil atau orang yang terbatuk-batuk atau sedang pilek, yang merokok bersama di ruang kerja padahal ada koleganya yang non-perokok.

Saya nggak suka nyium bau rokok di jaket & baju suami gara-gara teman kantornya semua merokok di ruang kerja, dia non-perokok sendiri dan mereka tetap merokok meski dia sudah terbatuk-batuk, ruangan jadi sumpek dan sesak karena dipenuhi asap rokok, pake masker juga nggak ngaruh. Yang paling utama adalah saya nggak suka dan nggak rela suami saya jadi perokok pasif >_<

Apa cuma gara2 rokok harus cari kerjaan baru? Apa harus dikasih tahu kalo sekarang ada peraturan yang tidak membolehkan perokok mengisap rokok di dalam ruangan, termasuk ruang kerja? Tapi susah juga kalo bos-nya perokok dan merokok di ruangan, akhirnya diikutin sama anak buahnya yang lain. Hadeh -__-”

Pasti mereka pikir itu hak mereka mau merokok di mana aja. Trus, hak non-perokok apa dong? Kan non-perokok juga berhak menghirup udara bebas rokok. Yang penting sebenernya harus bisa saling menghargai aja sih…  😐

Mestinya mereka dan para perokok lainnya baca artikel ini nih: Hargai Hak Hidup Perokok Pasif.

(gambar diambil dari sini)

say something

