Pasca atau Paska?

Gara-gara melihat iklan sebuah perusahaan telekomunikasi yang mengakhiri iklannya dengan kalimat “layanan prabayar kenyamanan paskabayar”, suami (ehm) misuh-misuh sendiri. Dia bilang:

“Pasca kok dibaca paska. Itu kan Bahasa Indonesia yang asalnya dari Bahasa Sansekerta, bukan dari Bahasa Inggris. Kalo Bahasa Inggris-nya kan ‘post’. Kalo Bahasa Indonesia-nya ‘pasca’ ya dibaca ‘pasca’, nggak jadi ‘paska’. Orang-orang banyak yang salah kaprah…”

Terus terang saya juga termasuk ke dalam orang yang salah kaprah. Malah saya pikir kata ‘pasca’ itu nggak ada, yang ada hanya ‘paska’. Saya rasa saya nggak sendiri, beberapa orang ada yang memang nggak tahu kalo ternyata justru kata ‘paska’ itulah yang nggak ada di kamus manapun di dunia ini. Anggapan itu terbentuk karena banyak orang, bahkan di media massa sekalipun – baik iklan atau pembawa berita – yang mengucapkan “paska” ketimbang “pasca”. Kekeliruan yang dibiarkan dan disebar luaskan itu membuat orang umum jadi menganggap kalau istilah itu benar, kemudian digunakan kembali, disebar luaskan lagi, sehingga kekeliruan itu semakin “membudaya”.

Setelah browsing sana sini, dan menemukan di antaranya blog ini, ini, dan ini, jelas bahwa ternyata yang benar adalah kata “pasca” dibaca “pasca” dengan pengucapan huruf “c” tetap seperti pada kata “baca” atau “macam”, bukan dengan pengucapan “k” seperti kata “car” atau “company” dalam Bahasa Inggris.

Dalam Bahasa Indonesia, pasca (sesudah) lawan katanya adalah pra (sebelum). Sedangkan dalam Bahasa Inggris, post (sesudah) lawan katanya adalah pre (sebelum). Lihat kan? Bahasa Inggrisnya “sesudah” itu post bukan “pasca” yang harus dibaca “paska” 😛

Sementara penulisan pasca dan pra disambung dengan kata berikutnya, seperti pascapanen, pascasarjana, prasejarah.  (Sumber: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php)

Jadi, jangan salah lagi ya? Apalagi kalo sampe dibacakan di media, kalo bisa ya jangan sampe salah 😉

 

Advertisements

3 thoughts on “Pasca atau Paska?

say something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s