Masalah Kalibrasi Warna (solusi)

Sudah hampir setahun postingan saya tentang masalah kalibrasi warna ini, tapi masih sering muncul di statistic, karena ada aja yang nyari di google dan kebetulan menemukan blog ini. Sudah hampir setahun juga, nggak lama setelah saya posting masalah itu, saya menemukan solusinya tanpa sengaja. Waktu itu solusinya mau saya posting juga, tapi karena sedikit agak memalukan jadi saya batalkan niat itu. Kenapa memalukan? Karena ternyata itu bukan masalah dan harusnya nggak jadi masalah, melainkan karena kebodohan saya 😛

Tapi setelah kemarin ada yang tanya langsung, akhirnya saya memutuskan untuk menuliskannya juga. Sekalian ingin cerita sedikit tentang kebodohan saya 😀

Jadi ceritanya, setelah berkali2 kalibrasi warna nggak berhasil, saya bawa laptop ke toko tempat saya beli utk melaporkan masalahnya. Setelah dicoba2 oleh teknisinya dan tetap ‘bermasalah’ dengan warna, mereka menganggap masalah di OS-nya dan akhirnya mereka instal ulang OS dengan versi lain. Problem solved? Iya, dan laptop pun kembali saya bawa pulang.

Keesokan harinya laptop saya utak atik lagi, sampai setelah berapa lama masalah warna layar berubah itu muncul lagi! Saya penasaran dong, kenapa kok begitu lagi. Nggak mungkin masalah di OS lagi, masa saya harus balik lagi ke toko? Pasti ada yang saya tekan nggak sengaja. Dan benar aja, setelah beberapa tombol saya tekan, warna monitor berubah. Kadang kemerahan, kebiruan, kekuningan, dan normal. Ternyata yang tombol yang saya tekan adalah short cut untuk gamma correction! (Fn + C) Bahahahaha…

Yaa.. pantas aja begitu warnanya jadi kemerahan nggak bisa dikalibrasi, lha wong default gamma-nya di-set kemerahan. Begitu juga kalo kita set kekuningan atau kebiruan. Sampe kapan pun nggak akan kembali normal, kalo nggak kita set normal. Blah. Jadi buat apa si teknisi toko itu sampai ganti OS ya? Huahahahaha.. :))

Jadi itu solusinya. Cek lagi gamma correction-nya, apakah normal atau memang cenderung berwarna. Malam ini saya coba2 lagi, tapi malah nggak ada efeknya, tetap normal, nggak berwarna sama sekali. Nggak tahu kenapa. Tapi ya seingat saya itulah solusinya. Jadi, selamat mencoba dan semoga beruntung ^_^

9 thoughts on “Masalah Kalibrasi Warna (solusi)

  1. hahaha ane smpe bngung 10000000 keliling ko moneytor ane agak sunset tp akhr.a stlh sercing d gugel dpt lah curhat.n agan, thanks gan 😀

say something

