Mencoba Peruntungan

writing

Karena satu dan lain hal, buku Pati Agni kembali tertunda. Sebenernya layout udah selesai, bisa aja langsung kirim ke nulisbuku.com tapi masih ada yang mau ditambah lagi dan finishing ini-itu *lirik pacar yang katanya mau nambahin “sesuatu” tapi belum sempat ngerjain* – huh! 😛 Jadilah dia dikesampingkan dulu, nunggu pacar ada waktu abis kejar deadline.

Sementara itu, saya mau coba peruntungan ngirim cerpen ke koran. Tapi kalau mau dikirim, harus memenuhi syarat. Ya, mau nggak mau akhirnya saya edit lagi cerpen2 saya itu supaya lebih bisa memenuhi standarisasi pengiriman naskah.

Selama ini kalau nulis cerpen saya nggak pakai aturan, sesuka saya aja mau pakai font apa dan berapa halaman atau karakter huruf. Karena emang nggak niat untuk dikirim. Berhubung sekarang ini mau mulai dipublikasi, akhirnya saya harus ikut aturan. Salah satu cerpen yang mau saya kirim itu ternyata ada lebih dari 20.000 karakter, jadi saya harus mengurangi setengahnya tanpa mengubah makna. PR, bok! Haha… Tapi di situ tantangannya ^_^

Kenapa saya tiba-tiba ingin mempublikasi cerpen-cerpen saya? Tentu saja untuk publikasi jika suatu saat nanti buku saya terbit, di akhir cerpen-cerpen itu akan ditulis “pernah diterbitkan di koran anu” itu adalah salah satu nilai tambah. Selain itu, saya baru tahu kalo honor kirim cerpen ternyata lumayan. Di Kompas atau Jawa Pos aja bisa sampai Rp 1 juta. Ih, ke mana aja saya selama ini? Kenapa selama ini saya nggak tertarik untuk kirim-kirim karya saya, ya? Dasar manusia nggak punya ambisi… -_-”

Tapi mendingan terlambat daripada nggak sama sekali. Sekarang ini saya sedang ngumpulin ambisi. Nggak cuma sekedar melakukan apa yang saya suka aja, tapi juga mendapatkan sesuatu atau banyak hal dari apa yang saya lakukan itu. Ambisinya belum banyak sih, saya masih penulis kambuhan dan malas, tapi se-nggak-nya sekarang saya ingin mencoba peruntungan di dunia yang saya suka ini.

Yah, semoga aja beruntung 🙂

 

image from dstracywrites.blogspot.com

 

say something

