Blast From the Past

Minggu lalu, ada ledakan dari masa lalu yang bikin saya jadi liat-liat blog saya yang lama; itsywitsy.blogspot.com. Tapi sekarang blog itu cuma bisa saya aja yang baca, karena sudah ditutup untuk umum sejak November 2008. Seperti biasa, kalo baca tulisan-tulisan yang dulu, saya jadi merasa bodoh sendiri. “Kok dulu begini amat ya?” 😛 Tapi mungkin itulah salah satu gunanya blog, sebagai proses pendewasaan *apaiya?* ;p

Hari ini, di twitter ramai membicarakan soal multiply  yang akan menutup layanan blog, photos, dll yang di luar kegiatan jualan online. Meskipun sudah lama saya tidak nulis di sana sejak awal tahun 2011, tapi kadang saya masih sesekali berkunjung, terutama kalau mencari “arsip”.

Pertama kali posting di multiply bulan Oktober 2005. Dulu MP adalah tempat yang nyaman untuk ngeblog, meskipun ngeblog di MP tidak diakui sebagai blogger 😛 Tapi sejak banyak yang berjualan online di MP, saya jadi kurang nyaman di sana. Begitu pun bagi teman-teman lain yang murni memakai MP untuk bersosial-media, pelan-pelan tergeser oleh invasi para pedagang online.  Sebagian ada yang meninggalkan MP begitu saja, sebagian ada yang masih setia menulis di sana meski tidak sesering dulu. Kalau dulu jika ada yang ingin menambahkan kita ke contact listnya, itu murni karena memang mau berteman. Akhir-akhir ini add contact list bertujuan untuk mencari pelanggan. Dan komen-komen yang biasanya akrab dan menyenangkan berubah jadi lapak dagangan -_-” Itu yang membuat MP-ers lama tidak betah lagi di MP. Sampai sekarang akhirnya kami benar-benar akan “digusur” dari MP yang akan disulap menjadi “mall”.

Kalau blog itsywitsy saya tutup, greyskymorning saya biarkan begitu saja. Karena ada beberapa postingan yang sudah saya selamatkan dengan diset private hanya contact atau orang-orang tertentu saja, yang lainnya untuk umum. Kalau blogspot masih membiarkan blog2 lama yang sudah hiatus masih tetap bercokol di sana, tapi kalau multiply akan menghilangkannya. Jadi saya berencana akan mem-back up postingan sejak 2005 itu ke tempat lain. Mungkin ke blog ini, tapi tidak semuanya. Karena ketika dibaca-baca kembali, ada beberapa tulisan yang memang patut untuk dibuang. Sampah.

Mungkin memang harus begitu keadaannya. Sesuatu di masa lalu memang harus dilihat kembali untuk menyadarkan kita kalau hal itu harus dibuang untuk selamanya.

Btw,  bersamaan dengan isu penutupan fasilitas sosial media MP, ada berita kebakaran di wilayah Bendungan Hilir. Turut berduka cita untuk semua korban kebakaran. Kesedihan kami MP-ers karena akan kehilangan tempat berekspresi di dunia maya tidak sebanding dengan kesedihan mereka yang kehilangan tempat tinggal di dunia nyata 😦

say something

