Perubahan

“Sejak pindah, kamu berubah, Ta. Aura kamu jadi lebih cerah, gak gloomy lagi,” kata seorang teman semalam. Dia pernah mengatakan hal semacam itu sebelumnya, kira-kira seminggu atau 2 minggu setelah saya resign dari kantor, beberapa bulan yang lalu.

Saya resign dari kantor tempat saya bekerja sejak pertengahan September 2011 lalu. Kantor yang pernah jadi zona nyaman saya, yang saking nyamannya saya betah bekerja di sana selama 12 tahun. Banyak yang heran mengapa saya bisa bertahan selama itu, sementara kebanyakan teman-teman saya sudah berkali-kali pindah kantor. Bagi saya kantor itu dulu adalah taman bermain yang menyenangkan. Tapi seberapa menyenangkan taman bermain itu lama-lama akan membosankan, terlebih jika sudah tidak lagi menyenangkan, itulah saatnya saya memutuskan untuk resign.

Tidak mudah mencari pekerjaan baru, terutama karena umur saya sudah melewati batas usia yang ditetapkan di info lowongan kerja. Mungkin para pemilik perusahaan menganggap karyawan yang mencapai usia tertentu sudah tidak produktif lagi. Mungkin juga karena saya tidak berijazah S1, sehingga saya nyaris tidak pernah mendapat panggilan wawancara. Atau mungkin dengan pengalaman kerja saya, mereka takut saya minta gaji yang sangat besar. Hehe.. Entahlah, mungkin memang belum rejeki saya.

Ketika akhirnya seorang teman menawarkan saya sebuah posisi untuk perusahaan yang baru dibangunnya, langsung saja saya mengiyakannya. Pertimbangannya adalah saya ingin mencoba sesuatu yang baru, ingin lebih berkembang, dan ingin perubahan. Maka saya mengambil resiko meninggalkan perusahaan lama dan bergabung di perusahaan yang baru – secara harfiah.

Tidak mudah membangun perusahaan atau menjadi salah satu dari tim inti yang ikut merintis dari awal. Tapi jika kita berada di tengah kelompok yang punya visi, misi, dan semangat yang sama, segala pengorbanan dan ketidak nyamanan di masa-masa awal insya Allah akan mendapat hasil yang bagus nantinya. Apalagi teman-teman saya sekarang rata-rata usianya jauh lebih muda, saya yang dianugerahi interface yang lebih muda dari usia sebenarnya (tsahh), jadi tambah merasa lebih muda lagi. Hehe…

Perubahan demi perubahan pun terjadi. Karena letak kantor yang jauh, saya akhirnya ngekos. Satu hal yang dari dulu saya ingin lakukan tapi tidak pernah kesampaian karena dari dulu rumah dan kantor jaraknya relatif dekat. Setiap akhir minggu saya naik kereta pulang ke Jakarta. Hari Senin pagi kembali ber-kereta-ria menuju kantor dan selama hari kerja saya tinggal di tempat kos. Ngekos merupakan pengalaman tersendiri yang menyenangkan bagi saya. Setidaknya sejauh ini, karena saya belum mengalami sisi tidak menyenangkannya ๐Ÿ˜›

Jika dulu anak kos identik dengan “kesusahan” (mungkin kalau masih kuliah), alhamdulillah saya tidak sampai “makan mie setiap hari”. Hehe… Entah bagaimana, berat badan saya justru malah bertambah, jadi 50 kg, angka yang sulit saya capai dulu kecuali waktu ngegym dan dipantau oleh Personal Trainer. Dan itu sudah beberapa tahun yang lalu, ketika berhenti ngegym berat badan saya turun dan stuck di sekitar 47-48 kg. Salah satu penyebabnya karena porsi makan saya sedikit, pola makan tidak teratur dan sering malas makan. Sekarang sejak ngekos, pola makan saya malah jadi teratur dan porsi bertambah. Yang tadinya hanya 1/2 porsi atau 1 porsi namun tidak pernah habis, sekarang saya bisa menghabiskan 1 porsi makanan. Yay! ๐Ÿ˜€

Hidup saya jadi lebih tenang, itu inti dari perubahan ini. Meski perusahaan masih baru, tekanan kerja yang mulai memacu adrenalin, setiap minggu bolak balik naek kereta, tapi saya menjalaninnya dengan tenang. Ada semangat baru, passion baru, ritme baru, teman-teman baru, lingkungan baru, target baru. Mungkin itu yang bikin “aura saya jadi lebih cerah” ๐Ÿ™‚

Semoga masa depan saya dan perusahaan baru ini juga semakin cerah. Amiin… ๐Ÿ™‚

image:ย ideachampions.com

3 thoughts on “Perubahan

say something

