you call it promotion? i call it entrapment

Rasanya saya sudah sering dengar atau baca teman2 saya yang komplen mengenai promosi yang diselenggarakan bbrp operator GSM atau CDMA, yaitu lagu ring back tone atau nada sambung pribadi yang tiba2 terpasang di hape mereka, seakan2 mereka mendaftar utk layanan tsb. Padahal mereka nggak merasa mendaftar.

Bagi pengguna layanan pra bayar dari operator2 tertentu, mungkin sudah biasa merasakan dan mengalami kejadian ini. Memang ada SMS dari operator yang memberitahukan bahwa si pengguna nomor HP mendapatkan layanan tsb gratis selama kurun waktu tertentu, setelah habis masa promosi pengguna dikenakan biaya dengan cara pemotongan pulsa. Bagi saya yang sudah bertahun2 pakai layanan pasca bayar dan baru sebulan pakai pra bayar, seingat saya blm pernah mendapat SMS spt itu. Ketika akhirnya dg nomor baru pra bayar saya dpt SMS semacam itu, saya pikir nyuekin SMS itu aja udah cukup.
Tapi ternyata besoknya muncul lagi SMS dari operator yang mengucapkan selamat bahwa sebuah lagu udah jadi ring back tone saya. Ketika saya cek, bener aja! Sebuah lagu terdengar sbg ganti nada sambung ketika nomor saya di-dial. Whatdeffffffccckkkk… Saya gak tau lagu itu, saya gak suka, dan saya gak pernah tertarik pasang ring back tone!
Itu taktik marketing. Ya, saya tau. Tapi saya pikir (dan pengguna lain juga banyak yang nggak suka dengan ‘promosi’ ini), hal ini sangat mengganggu. Lagu RBT yang disebut sbg promosi atau bonus atau apalah sebutannya diaktifkan secara semena2 ke HP pelanggan. Memang ada pemberitahuannya, tapi tetap aja hal itu melanggar privasi & hak pelanggan.
Pelanggan berhak menentukan apakah mrk mau atau nggak pake layanan itu. Kenapa operator nggak memberi pilihan dari awal? Akan lebih sopan & beretika jika SMS dari operator berbunyi misalnya: “Jika mau ketik A, jika tidak ketik B atau abaikan pesan ini”. Bukannya malah ‘sok asik’ seolah2 semua pelanggan suka dengan lagu yang mereka kirim, dan membuat pelanggan yang nggak mau pakai layanan itu jadi harus repot2 ngirim SMS penolakan (ketik UNREG atau TIDAK atau semacamnya). –>> (new) HATI-HATI! ini juga bisa jadi jebakan. Meskipun udah ketik TIDAK, tapi ternyata RBTnya masih terpasang. Telpon CS, katanya harusnya ketik STOP. Kenapa instruksi di SMS notifikasi bisa salah coba??!!! Jebakan lain nih! >_<
Bagaimana dengan pelanggan yang nggak ‘ngeh’ sama SMS, atau yg agak gaptek atau nggak ngerti caranya, atau yg malas liat SMS dari operator (karena terlalu sering jadi dianggap spam) dan langsung menghapus SMS tsb tanpa memperhatikan isinya? Lagu itu akan tetap stuck di HP tanpa mrk sadari. Pulsa mereka pun otomatis terpotong terus tiap masa berlaku lagu itu habis. Karena mereka nggak pernah kirim SMS penolakan maka mereka dianggap ingin berlangganan terus. Ketidak sadaran ini menjebak pengguna. Entah sampai kapan mrk akan sadar kenapa pulsa mereka terus berkurang tanpa mrk pakai. Karena nggak semua pengguna HP punya teman yang bilang, “tumben elo pasang RBT? Lagunya kok cupu?” Dari situ baru deh ada yg sadar kalo mrk udah tanpa sengaja mengaktifkan RBT dan membuat pulsa mereka berkurang. Apa itu bukan jebakan namanya?
Plis deh, para operator telepon seluler… kalo promosi tuh jangan yang menjebak dong… Taktik marketingnya jangan yang bikin pelanggan rugi dong… Pelanggan udah bayar, masa masih dijebak juga… Doohh…
4 thoughts on “you call it promotion? i call it entrapment

  1. blackishblue said: trus cara un-reg nya gimana tuh ta’?

    elo pake apa, jo?gw udah unreg sesuai dengan instruksi di sms, ketik TIDAK lalu kirim ke 808. tapi ternyata… RBTnya ga ilang bo! pas ada yg tlp, gw diketawain,, “tumben lo pasang RBT? lagu apaan sih? aneh..”gw kesel dong, gw tlp ke operatornya, daaan ternyata.. harusnya kirim ke 808-nya tuh ketik STOP, bukan TIDAK spt yg ada di sms. another trap! erggghhh >_<!–

say something

