tips menggunakan kartu kredit

Mendengar beberapa teman mengalami kesulitan dalam membayar (baca: mengontrol) tagihan kartu kreditnya, saya jadi mencari-cari artikel yang pernah saya baca atau pernah mampir ke inbox saya tentang tips menggunakan kartu kredit. Berikut saya copas intinya, semoga berguna πŸ™‚

Beberapa tips agar lebih bijak menggunakan kartu kredit:

1. Gunakan kartu kredit untuk saat darurat.
2. Gunakan kartu kredit sebagai pengganti dana yang telah dimiliki, bukan penambah dana. Artinya, kartu kredit adalah utang yang harus Anda bayar, dan bukan rezeki/berkah yang tiba-tiba datang dalam bentuk uang.
3. Kalaupun digunakan untuk konsumsi, pastikan untuk selalu membayar lunas sebelum terkena bunga. Kalau sudah terlanjur terkena bunga, segera lunasi semua tagihan tersebut.

Saya katakan ‘mengontrol’ di atas maksudnya adalah kita jangan cuma asal membayar tagihan, tapi juga harus bisa mengontrol jumlah uang yang akan ditagihkan kepada kita. Dengan kata lain, kita harus mengontrol pemakaian kartu kredit agar nanti tagihannya tidak memberatkan kita.

Kalau kita cuma sekedar membayar tagihan, apalagi sebatas minimum payment, tagihan tidak akan pernah lunas, karena bunga terus bertambah. Apalagi kalau sudah lewat jatuh tempo, selain kena bunga, kena denda pula. Tagihan makin membengkak. Lebih aman adalah membayar langsung jumlah yang tertagih. Atau paling tidak, jika jumlahnya agak besar, bisa hanya dicicil 2-3x pembayaran. Usahakan hutang kita cepat lunas, jika tidak hutang akan melilit dan mencekik kita.

Bagaimana kalau tagihannya terlalu besar dan kita tidak sanggup bayar langsung lunas atau cicil tidak lebih dari 3x? Berarti kita salah perhitungan dan tidak menuruti tips nomor 2. Siap-siap aja keteteran bayar tagihan kalau terlalu sering menggunakan kartu kredit, apalagi dalam jumlah besar.

Intinya jangan mengandalkan kartu kredit untuk membayar segala keperluan kita. Pikir-pikir dulu sebelum menggesek kartu, apa barang yang ingin kita beli itu sangat kita perlukan? Apa harganya sesuai dengan budget atau kondisi keuangan kita? Apa masih ada tagihan/hutang yang belum lunas? Nanti tagihannya jadi beban berat atau nggak? Gimana cara bayarnya? dan lain-lain.

Kalau setiap mau mengadakan transaksi kita pikir-pikir seperti itu dulu, dijamin kita udah ilfil duluan kalau mau pake kartu kredit πŸ˜› Kecuali kalau benar-benar urgent tentu saja πŸ˜‰

Advertisements

6 thoughts on “tips menggunakan kartu kredit

  1. yang sering bikin kacau karena kesalah arti kredit.kan di indonesai kredit berarti membeli dengan men-cicil.makanya banyak yg menganggap, kartu kredit ya sarana bujat beli dg men cicil.

  2. Duluuuuu…pertama kali ke luar negeri dan punya credit card..belanja agak loss. Inget banget tagihan 1.5 juta, aku bayar 1.3 juta, karena emang dah nggak ada duit. Tapi saaaaakiiit ati banget waktu liat tagihan, kalo bunga yg dibebankan itu ke seluruhan tagihan (1.5 jt) bukan sisa (200rb) sejak itu bertekad bahwa aku tidak mau mbayar cc nyicil. Berhasil utk 16 tahun ini…

  3. Kalau untuk pembelian besar kyk eletronik, di sini ada fasilitas bebas bunga asalkan kita pakai kartu kredit tertentu. Karena gw memiliki HSBC, gw selalu beli di satu chain tertentu semua barang elektronik. Contohnya, beli kamera baru $800 AUD dicicil 15 bulan tanpa bunga. Lumayan ga parah banget kenanya.Kalau untuk pembelian kecil, ya langsung dilunasin karena mau nyari poin dan bukan untuk cicil.

  4. omhanif said: kan di indonesai kredit berarti membeli dengan men-cicil.makanya banyak yg menganggap, kartu kredit ya sarana bujat beli dg men cicil.

    kebiasaan ada tukang kredit keliling yang kasih kreditan panci kali, om.. hehe..trus kebiasaan lain lagi, masih punya utang kreditan blm lunas, udah ngambil kreditan baru lagi. makanya utangnya ga pernah lunas2… (tapi yg penting punya barang baru)

  5. rinita said: aku tidak mau mbayar cc nyicil.

    sama, mba. aku juga dulu pernah sakit hati. sejak itu selalu bayar tagihan langsung lunas. kecuali kalo kepepet, kalo tagihannya gede, paling ga bayar 2x ajahhh πŸ˜›

  6. drake4life said: Kalau untuk pembelian besar kyk eletronik, di sini ada fasilitas bebas bunga asalkan kita pakai kartu kredit tertentu.

    iya di sini juga ada, kok. gw pernah beli kamera pake cc bunga 0% nyicil setahun. ya kalo itu emang program cicilan tanpa bunga. kalo bayar lunas malah kena pinalti. kalo mau nyicil ringan, mending cari cc yg lagi promo bunga 0% kek gitu ajah πŸ˜€

say something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s