batal jadi pembicara

antara lega karena tidak harus berbicara formal di depan orang banyak tapi sedikit agak menyesal juga karena saya udah terlanjur bikin materinya, 2 kali revisi karena saya kurang sreg dengan buatan saya yg pertama, sampe begadang2 di minggu malam supaya hari senin saya bisa tunjukkan ke atasan apa aja yg mau saya bicarakan. dan ternyata, semua gagal. untung materi itu baru 80%… coba kalo udah 100%. lebih nyesek lagi 😛

kenapa bisa begitu? sepertinya ada mis-komunikasi antara atasan & pihak penyelenggara. but how come??? kalau dilihat2, banyak kekurang-beresan dari acara tsb.

1. awalnya atasan saya cuma diinformasikan bahwa mereka butuh pembicara & pengajar utk acara workshop mereka, tapi tidak dijelaskan bahwa mereka butuh orang yg bisa mengajar & stand by di sana selama 5 hari selama acara itu berlangsung.

2. dari acara itu seorang guru diharapkan bisa membuat script utk kemudian dibuat animasinya sesuai dg mata pelajaran yg mereka ajar. di mana kami membuat itu semua bersama tim (scripter, illustrator, color editor, animator, programmer). karena ga mungkin satu orang bisa menghandle semua pekerjaan semua tim. apalagi mrk adalah orang2 yg -maaf- baru melek komputer. jangankan bikin animasi atau program, pegang mouse aja masih ada yg takut kesetrum.

3. kalau memang tujuannya belajar flash secara menyeluruh, kenapa nggak panggil trainer aja sekalian, yg memang tugasnya mengajar & berpengalaman mengajar kelompok besar? kenapa harus kami yg praktisi dan tidak berpengalaman mengajar?

4. “kalian harus bisa mengajari mrk sampai bisa. karena di hari terakhir nanti ada orang dinas yg memantau perkembangan. jadi itu tanggung jawab kalian,” kata si ketua pelaksana di acara technical meeting. hwaduh… mengajari guru2 yg baru melek komputer sampai bisa bikin software dalam 5 hari aja udah mission impossible. apalagi sampai mempertanggung jawabkannya juga…

5. atasan saya bilang, “ini jangan2 cuma proyek ngabisin budget 2008 aja nih… bikin acara yg muluk2 kayak begini…” hehe… yaa.. begitulah kalau berurusan dengan *sensor*

perlu diketahui, atasan kami memberi tugas hari kamis sore, jumat siang technical meeting dengan mereka, jumat sore kami baru tahu detil tugas seperti apa. atasan langsung menelepon ketua pelaksana dan mengutarakan keberatan kami dan mengatakan bahwa kami hanya bisa mengisi satu hari saja. tetapi kembali lagi terjadi salah komunikasi. mungkin karena atasan merasa agak sungkan utk menolak secara terang2an, beliau pakai bahasa yg agak diplomatis. tapi mereka salah mengerti, mereka sangka kami punya waktu yg fleksibel.

hari senin kami coba konfirm lagi dan akhirnya mereka merespon keberatan kami, tapi dengan nada gusar dan menolak jika kami hanya bisa mengajar sehari saja. lebih baik tidak usah sama sekali, katanya.

jadi demikianlah… saya batal jadi pembicara 😀

terimakasih atas support teman2 yg menyemangati saya utk berani tampil di muka umum dan memberi tips2 bagaimana membuat presentasi yg baik. maaf mengecewakan karena tidak ada cerita bagaimana jadinya saya presentasi ^_^

Advertisements

4 thoughts on “batal jadi pembicara

say something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s