d’oh!

katanya perusahaan web developer yg punya nama
katanya sering bikin web buat klien2 “besar”
katanya web masternya jago & hebat
katanya bayarannya mahal banget
katanya bikinannya canggih

tapi kok…
bikin web kantor gue kok caranya barbar gitu sehh???
semuanya dibikin image… ganti satu, ganti semua, satu persatu diganti
kok repot ya booo???

lucunya, contoh gambar2 awards yg terbagi jadi 8 kotak, diaplod langsung jadi 1 image segede bagong plus teksnya.
dan contoh header yg sepanjang kereta cirebon express juga diaplod langsung jadi 1 image, berikut tombol2nya (sementara yg ada dlm bayangan gue, cukup dibikin tabel trus dikasih warna background & tombolnya teks aja, ga usah image. krn tombolnya emang ga ada apa2, maunya teks doang biar simpel).
daaannn.. blm cukup neehh.. di homepage gue bikin 3 kotak utk preview 3 content utama, ada framenya doong kotak warna abu2. gue pikir framenya dibikin pake program. ga taunya pake image yg gue bikin aja gitu dikrop trus ditempel sekaligus dg judul2nya.
jadi pas kita minta teksnya diturunin dikit biar ga nempel sama kotaknya, diedit lah pake potoshop…

gue & bos gue (creative director) terbengong2 ngeliat cara kerjanya… omaigot… jadi gini cara kerja web master yg jago itu????

d’oh… blm kenal sama yg namanya CMS ya?
kenalan dulu giihhh…

*gue juga blm kenal secara personal sih. baru denger2 aja, secara si CMS itu keknya udah ngetop banget yaa di kalangan tukang bikin web. tapi yg jelas, se-gaptek2nya gue sama bahasa html atau php, kalo pun gue terpaksa yg bikin itu web, gue ga bakal pake cara barbar begitu… HUH!!*

83 thoughts on “d’oh!

  1. waktu gue baru belajar ga kek gitu2 banget deh… :(lagipula kan mereka udah mengklaim bahwa mrk adalah tukang bikin web yg profesional dan bayaran mrk sangatlah mahal…. *menghela nafas panjang*gue heran knp bos2 gue selalu pake itu perusahaan. pdhal sering dikecewakan sama mrk… dan gue udah bilang kalo di jakarta ini banyak tukang bikin web yg lebih jago dari mrk, “temen saya juga ada pak yg bisa & udah punya banyak klien”… tapi tetep aja mrk dipake… ga tau knp…alasannya krn mrk udah punya programnya, kalo pake “orang baru” nanti lama lagi krn harus bikin baru lagi…MANA YANG PAKE PROGRAM???? PAKE CSS AJA NGGAK!!waktu gue minta file aslinya aja mrk ngasih file2 yg sebenernya bisa gue ambil sendiri pake “save page as…” btw mrk ngerti ga sih yg namanya FILE ASLI?? jangan2 nggak!! hhhhh…

  2. mungkin perusahaan lo menekan dia. dalam arti, ada batas deadline yang tidak masuk akal. sehingga dia pake cara termudah demi memenuhi tekanan itu.kalo ternyata tidak, mungkin harganya tidak realistis. dalam arti, harganya ditekan, namun itu turut mengurangi effort kerjanya.namun jika kedua hal itu bukan masalahnya, berarti ada masalah lain. misal, koneksi di kantor elo lelet dan tidak menggunakan koneksi yang super cepat, sehingga lo kaget saat diedit pake photoshop. sebab sekarang website ya tinggal upload gambar sebesar 300 MB, dengan fiber optik didownloadnya cuman sedetik. daripada dipecah2, bikin lama…dan soal file asli, bukannya kalo website memang tinggal di save us dan itulah file aslinya? kecuali kalo pake php, memang perlu file asli. gak bisa di save us.

  3. perusahaannya besar … minta uang proyek web sebesar 20 juta (tarolah segitu) … trus mereka kasih ke sekolah web design … jadi latihan buat muridnya … gratis!!! atau dikasih ke web designer yang baru belajar … seperti ichoz itu contohnya … bayar ke ichoz 300 rebu plus menyiksanya dengan deadline yang gak masuk akal tapi masuk anal …sisanya? dimakan perusahaan besar itu …

  4. kan itu elu, ‘talagipula itu kan “waktu elu dulu”(dan “waktu gue dulu” juga)jaman sekarang mungkin bedajalan pintas didahulukankualitas diakalin aja dahuluapalagi kalau waktu terbatashantam! hajar!masalah layout web pakai imageterjadi juga di kantor guewalau gue ngotot ngejelasinapa baik dan buruknyatetep aja…*sigh*

  5. kalo kasus kantor gue, untuk aplikasi kiosk. voting gitu, tapi pake html juga. sewa vendor lain, tapi bos gue curiga. kenapa dia pake tabel banyak banget udah gitu harus slicing segala macem. mengerikanlah cara kerjanya. temen gue sampe babak belur slicing2 image. gue hanya memperhatikan. aplikasinya cukup sukses berjalan di event.begitu ada event sejenis, karena gak sempet manggil si doi (vendor), gue diber(tak)berdayakan. gue bikin pake css. php. database mysql. bos gue bingung, kenapa gue bisa melakukan hal yang dulu susah banget sama dia. say, meletakkan teks diatas gambar. padahal gue trikin, gambarnya background div.akhirnya gue bongkar belangnya si vendor. kerjanya gak efektif. kerja gue efektif. bos gue pun ngerti.eh, tapinya. kalo ada apa2 gue terus yang disuruh ngerjain. udah gitu dikasih deadline gak masuk akal (mudah-mudahan masuk amal). semacam bikin sistem voting kiosk lengkap dengan undian real time (acak nomer telepon) “bisa ditunggu”, karena…kan pake css efektif.iye. efektif jidat doi. jidat aye sih gempor, bos.

  6. @an: deadline ga masuk akal, mungkin iya. pas long weekend kemaren aja gue nyaris ketinggalan kereta gara2 gue nyelesein kerjaan itu dulu di rumah. tetep ga selesai, untung ada yg bawa notebook. sementara yg lain pd makan malem di luar, gue sendirian di hotel nyelesein kerjaan & kirim imel ke bos2 & webmaster. mungkin dia baru bisa ngerjain pas hari sabtunya. tapi itu kan tinggal tempel image. sementara layout udah dari minggu2 lalu dibikin… harusnya kalo udah “profesional”, udah canggih dong bikin gituan… bisa cepet doong… kan dia tinggal bikin leot. desain mah dari gue…trus soal edit di potosop itu… gini loh… dia bikin judul sama bagian atas frame tu jadi satu. bukankah lebih enak frame & judul (image) dipisah aja? framenya ya jadi templet. jadi nanti kalo mau ganti judul (krn itu cuma preview top/current contents aja. bisa berubah sewaktu2 tergantung kebutuhan), ya tinggal ganti judul. framenya ga usah lagi dibikin, krn udah ada templetnya… cmiiw lohhh… kalo mo cari frame, judul, & image mo dijadiin satu, ya ngapain dipecah2… jadiin 1 aja semuanya… *susah ya bo ngejelasin pake tulisan… sigh…*@icos:ya kalo gitu mah ngapain bayar mahal2 ke perusahaan web “profesional”??kalo cuma tinggal aplod 1 image gede aja sih, gue juga bisa… tapi kan tetep aja, kalo ada revisi atau ada yg mau di-update, malah jadi ribet bukan? musti ganti satu2.. lah kalo ada 20 halaman, 20 image musti ganti?? @Q:pengalaman pribadi juga, Q?

  7. @an lagi:nah itulah an… dulu2 kan kita ga pernah liat cara kerja mrk. berhubung tadi gue miting sama bos2 dan mrk juga, dan kalo ada perubahan langsung ganti ditempat, pake LCD pula, keliatan lah dapurnya mrk kek gimana. contohnya logo deh, gue udah kirim image logo doang. dan gambar2 buat masing2 page, satu satu. eh tau ga sih, dia malah tempel 1 image contoh yg gue bikin, berikut tombolnya. pas ada tombol yg ga perlu (dia sendiri yg nambahin), setengah mati dia ganti image2 itu utk setiap halaman…sementara itu, frame yg dari tadi gue ributin, dipotong cuma bagian atasnya doang sampe judul. jadi pas mo dimodif judulnya aja, framenya juga ikut termodif. utk 1 kotak kecil itu aja, gue itungin dia bikin ada 5 tabel. jadi dia slice (itu ya istilahnya? :P) bagian atas, bagian kiri, tengah, kanan, dan bawah. kalo ada 3 frame yg dia perlakukan spt itu, berarti dia harus 3x repot kalo mau ganti judul, image, & teks. ya toh?? nah tadi juga gue liat source-nya. ga ada css-nya bow. sptnya cuma pake html biasa. tapi nama filenya sih pake php. atau itu php ya sebenernya?? atau bukan php tapi disave as php?? emang bisa kek begitu?? *garuk2 dagu*

  8. @icos: udah pernah coba pake TNT??nah gue curiganya juga gitu, cos. dia cuma sekedar ganti ekstensinya aja.gue off dulu deh… dipanggil2 terus neh. ada gambar yg lagi ditungguin. huhu

  9. @cipi: ngemeng brlßphksxzcb#@$!*ü :P@yoan: huehuehue.. elo aja deh yg bikin yooo… kok gue lebih percaya elo yaa drpd mereka :P@pritha: huehue gue serius ga pantes ya?? 😛 apa kabar bandung, prith? lagi ngapain? hehe.. thanks ya buat pinjeman laptop & koneksinyaaa.. =)@prazz: biar mencret2 ya prazz =))@tei: hueee itu gue yg bikin desainnya. programnya mrk yg bikin. tapi gue ragu, apa itu bener2 program ya namanya.. 😕

  10. hmm.. gue sih sempet bikin templet gitu.. but still masih agak ga yakin, soalnya kan bukan basicnya dari situ. But… gue coba deh.. ^_^ Mudah2an bisa..Scara… kita masih bisa kontak2an ya? dari pada mereka? janji bagus. . but ga bagus.. bayar mahal… tapi kerjanya ga prof sama skali… halah…

  11. hem ayo djo tunjukan kamuh bisa!!!eniwei, emang gitu kali ta,kl perusahaan gede, mereka minta dibayar mahal, nah mereka sub lagi ke programer yg bisa dibayar murah, nah mungkin programer jago, tapi kalo cuman dibayar teh botol ama nasi rames, hasilnya yaa itu … jpg :Pnda perlu nya pake cms cms am koq, blum komplikatet kan jeroan en update nya, kadang malah bikin mumet kl untuk web skala kecil _(o_O?!?)””eniwei … mana url nya?

  12. programmernya udah bapak2 gitu kok.. dari penampilannya sih terlihat udah banyak pengalaman. keknya pentolan perusahaan itu juga. cuma ga tau ya knp cara kerjanya kek programmer baru.barusan bos gue (creative director – yg kurang suka juga sama cara kerja perusahaan web itu) setelah dikasih liat web bikinan yoan, komentar gini: “wah, pinteran yoan bikinnya. kalo gitu mau ga dikasih **juta buat bikin web kita?” dg nada becanda sih, trus diterusin lagi, “tapi script jalan terus ya?”huehuehue.. tuh yooo.. mau dikasih proyek puluhan juta. ambil aja buat sidejob.. atau kita bilang aja, elo ga sempet ngerjain, jadi kasih ke temen. biar harganya bukan “harga karyawan”. tapi yg ngerjain ttp elo. huahuahuahua…

  13. wakakakaka… frontpage?? hare genee masih pake frontpage, yoo?? 😛 huehueuhe… programmer handal dari perusahaan web terkemuka itu pakenya dreamweaver mx lohhh.. pdhal dia cuma motong gambar & tempel aja kek waktu ngerjain prakarya jaman SD. cuma kan skrg canggih, ga pake gunting & lem lagi. jaman skrg motongnya pake sotosop & nempelnya pake insert picture. huehueuhe…

  14. lha bayangin ajakomp di kantor gue rekues pasang derimwiperalasannya: mahalgue cariin solusi gratisan kayak kompozer atau nvualasannya: harus pakai sopwer yang lisensinya belibenar-benar memusingkanakhirnya ya begini lahnotepad.exe

  15. @icos: suruh bunuh diri aja deh! :)) btw, poto gue yg dari elo gue bikin hedsot neh. keren juga. ahahahaha *narsis* :P@an:beli komputer yg udah diinstal windows, dapet bonus notepad.exe & paint.exe 😛

  16. yoi yoi… keren banget dah tuh… logikanya harus jalan banget.. sementara gue males gitu pake “halaman depan” .. karena males bikin , takut lupa, kalo pake halamanDepan kan.. tinggal insert tabel, trus.. isi pake pe-ha-pe… (*serching mister gugel ebaut pe ha pe .. egen*) he he he….. hayoooo belajaaaar! (*padahal script masih ketinggalan 4 lagi… halah*)

  17. editor text yang free kan bejibun? kenapa harus kepatok ama notepad atau dream dream nya si adobe?Gue dikantor pake aptana sama eclipse … it’s free, makan resource sih, tp intinya kan free .. enak warna warni sesuai ext file yang disave. loh? koq jd ngomong text editor?*hidup UltraEdit!! m(_ _)mEniwei, kayaknya kantor elo berhak deh ta bilang, nggak cocok dgn system hasil kayak gitu, updating content nya nyusein.. system dibuat buat gampang kerja orang, masa dibuat jd ribet? ayoo djo, kamu bisa!!!! *sorak sorak bergembira

  18. blackishblue said: yoi yoi… keren banget dah tuh… logikanya harus jalan banget.. sementara gue males gitu pake “halaman depan” .. karena males bikin , takut lupa, kalo pake halamanDepan kan.. tinggal insert tabel, trus.. isi pake pe-ha-pe… (*serching mister gugel ebaut pe ha pe .. egen*) he he he….. hayoooo belajaaaar! (*padahal script masih ketinggalan 4 lagi… halah*)

    djo .. nda ngerti .. help

  19. pake trik choz. minta ijin untuk mengakses admin. ketika udah dibuka, buat mereka lengah (eh, ada rossa di tivi, mau cerai! nonton gih!)lalu masuk ke kontrol panel, ubah ijin account usernya menjadi admin. 😀

  20. richoz said: flashdisk pun tabisa masuk komp di sinisemua port usb dimatikan

    eh bujug…. bentar itu kan portable? nda perlu flashdisk, yg penting pake text editor pan? download aja .. ato kd ijin admin juga mo download?*curiga nyalain pc jg kg ijin admin

  21. greyskymorning said: udaaahh pindah kantor aja coooosss… daripada terus di bang siti, terbelenggu jiwa raga, lama2 nanti mati rasa… huuuuhhuuuuu…

    akuur …syarat masuk kerja begitu diterima kita adalah …”maaf pak? disini bole YM kan?””Trus buka youtube oke kan?””Download via torent tentu boleh donk pak?””Saya suka maen games multiplayer after office … bapak minat join?”… jika nggak masuk semua itu … kita berhak menolak tawaran perkerjaan tersebut.salam :p*bikin list

  22. mblangsak said: akuur …syarat masuk kerja begitu diterima kita adalah …”maaf pak? disini bole YM kan?””Trus buka youtube oke kan?””Download via torent tentu boleh donk pak?””Saya suka maen games multiplayer after office … bapak minat join?”… jika nggak masuk semua itu … kita berhak menolak tawaran perkerjaan tersebut.salam :p*bikin list

    tambahan:”gmail, blogspot, multiply ga diblock kan, pak?”

  23. greyskymorning said: hehehe.. tapi gue salut banget loh sama org2 yg bikin program pake notepad. itu baru bener2 canggih! keren!!!!! *hormat bendera*

    *baru baca …. nda powerfull agh .. kalo cuma tag html mah oke, kalo udah 2jt lines. .. hang 😛

  24. sudah sudah. sambil menunggu ashar sebaiknya kita tadarus. alif lamm meem. dies ist (ganz gewiß) das buch (Allahs), das keinen anlaß zum zweifel gibt, (es ist) eine rechtleitung für die gottesfürchtigen, die an das verborgene glauben und das gebet verrichten und von dem ausgeben, was wir ihnen beschert haben.

say something

