ada-ada ajah (bag. 1)

*ceritanya studi kasus (sosiologi-antropologi. masih ada ga pelajaran itu?)*

kasus #1
di salah satu milis yg gue ikutin, ada yg ngebahas ttg heroes. gue ga ngeh imel kapan itu, krn gue jarang buka milis tsb. yg pasti gue udah agak ketinggalan krn pembahasannya udah lumayan panjang & ada di bbrp subject. tapi ternyata ada yg kirim imel protes, katanya topik bahasannya ga relevan sama milis yg menurutnya adalah milis buku. lalu ada pula imel dari moderator yg meminta agar topik ttg heroes di-stop.

rasanya pengen gue komentar, tapi ko gue males yah. lagipula udah agak ketinggalan gitu gue. keknya kalo gue mulai ngomongin itu lagi, takutnya akan terjadi keributan lain 😛 so, gue tulis di sini aja deh pendapat gue:

– dari nama milisnya, sama sekali ga mencerminkan kalo itu milis buku. tapi mungkin yg ikut milis itu adalah pencinta buku & kebanyakan penulis. emang sih kebanyakan yg dibahas buku, cerpen, & sejenisnya, tapi ga juga melulu bahas buku. seinget gue (dulu gue sempet aktif di sana), milis itu bebas mo ngomongin apa aja asal gak SARA.

– buktinya ada yg ngebahas film lain juga. bahkan, ga jauh2 dari bahasan heroes itu, ada pembahasan ttg salah satu sinetron yg diadaptasi dari buku karya salah satu member milis. yg dibahas adalah jam tayang yg berubah dan penyesalan mrk knp sinetron itu akhirnya dihentikan. cukup rame juga bahasan ttg sinetron ini. tapi ga ada yg protes spt yg terjadi pd pembahasan ttg heroes. entah krn sinetron itu ada bukunya, atau krn diadaptasi dari buku yg penulisnya adalah member milis itu juga yg juga bisa dibilang “petinggi”nya.

– mungkin yg protes topik heroes itu karena dia ga tau serial itu, jadinya ga ngerti. pdhal kan dari subjectnya bisa keliatan apa yg lagi dibahas. ya kalo dia ga ngerti, ga usah dibaca. atau inbox penuh? tinggal centang trus delete, apa susahnya. ribet? salah sendiri knp ga pake gmail 😛

– itulah salah satu alasan knp gue ga aktif lagi di milis itu. dulu sih asik2 aja. tapi skrg2 ini terlalu banyak aturan. isinya terlalu “penting” dan mod-nya lebih strict. pernah ada yg ngirim imel sampe 3x dg subjek & bahasan yg sama, langsung dibanned dg alasan melanggar what-so-called-peraturan-milis. pdhal kan bisa aja pengirim itu ga sadar kalo dia ngirim 3x. mungkin pas ngirim, inetnya eror, dia pikir blm kekirim ternyata udah. bisa kan dikomunikasikan dulu?

– well, akhirnya gue memutuskan utk unsub dari milis itu. gue pikir drpd gue ga aktif tapi inbox gue penuh mulu. krn milis itu terbilang cukup aktif. (gue pake gmail & setiap milis gue kasih label). lumayan buat mengurangi isi gmail gue. hehehe….

13 thoughts on “ada-ada ajah (bag. 1)

  1. itu ada anggota yg resek aj mbak,tp klo secara umum isi2 postingnya masih menarik, ga harus di unsub gara2 peraturan2 ga jelas dunk..kecuali alasannya krn mmg dah ga minat sama isi milisnya.

  2. prazz said: yah, kan tinggal no-mail aja, ta….baca kalo lagi mau, login ke groupsnya dulu…

    ribet, praz. gue pake gmail, sementara mrk pake yahoogroups. kalo pas mau login di yahoogroups, jadinya ribet.lagipula gue udah ga tertarik lagi sama milis itu 😛

  3. mvlia said: kecuali alasannya krn mmg dah ga minat sama isi milisnya.

    awalnya gue masih ngikutin meski cuma sesekali. tapi lama2 gue males, li… mending unsub aja. mungkin minat gue udah ga di situ lagi 😉

  4. hehehe…. ya begitulah… :Ddulu aku juga ikut banyak banget milis, tadinya berniat menambah wawasan.tapi ternyata ada anggota2 milis yg rese seperti itu, blom lagi kadang kalo moderatornya lemot hoax malah ikut banjir di milis. aku sekarang juga cuma ikut milis “lowongan migas” dan itupun pake digest.

  5. keknya gue kenal tuh milis… ada sih satu milis yang dulu tuh asik banget dan isinya bermutu banget, tapi sejak si moderator utama jarang aktif, itu milis jadi gak keru-keruan gitu modelnya…

  6. Hehehe sama ta, kadang ada juga teryanta org yg soOOO idealis .. kebangetan malah kadang2.Alkisah di sebuah milis, si A ini dianggap sesepuh, dalam artian ditanya apa ajah yg berhubungan dgn topic milis dia bisa jawab.Suatu hari muncul masalah spammer sama signature ber iklan 😛 .. ujung2 nya dia nggak suka, kalo peraturan nya nggak jelas, dia mau unsub, loh? banyak orang aneh diluar sana ternyata …btw, tanyain donk ta, heroes nya session satu dah kelar blum si?

  7. aturan itu penting ta,biar orang gak sembarangan.tapi dalam hal heroes ini , gue setuju sama orang yang merasa terganggu.#1. orang gak semua nonton heroes. apalagi beli dvd nya. karena gak ditayangin di TV non-kabel.#2 kalo ternyata ngebahas sinetron yang berdasar buku si petinggi milis, wajar, toh sinetronnya ada tivi nasional (bukan kabel, walopun ada di kabel juga). semua orang punya akses ke sinetron tersebut selama dia punya tivi dan gak berantem rebutan channel.#3. gak semua orang yang langganan milis, mempunyai koneksi internet yang oke, kadang kadang mereka menggunakan emial client yang harus di download dulu. oke lah. kenapa juga gak pake gmail.. — gmail itu sekarang berat bo’ sama kaya’ new yahoo, makan benwidth. ..kalo orang yang dial up..bisa bisa ribed.. (kalo loe mensarankan tinggal centang dan delete)

say something

