forgiven or forgotten?

mumpung msh dlm suasana lebaran, gw mau omong2 seputar maaf2an. yaa.. sbnrnya maaf2an bisa dilakukan kpn aja, ga pas lebaran doang. dan spt yg sdh kita ketahui, katanya, butuh keberanian utk seseorg bisa mengakui kesalahan & minta maaf. tp yg paling susah adalah memaafkan, krn butuh satu kekuatan besar utk bisa memberi maaf yg benar2 maaf. yg disebut dg nama ‘ikhlas’. yes?

meng-hilite sebagian postingan anz & manda, dan bbrp wkt yg lalu sempat gw baca komen2 senada, soal ‘forgiven but not forgotten’ ada yg ga setuju. pasalnya berkesan nggak rela, nggak ikhlas. apa bener begitu?

*samar2 terdengar lagu the corrs*
she’s still dreaming of a man long forgiven
but not forgotten
you’re forgiven, not forgotten…

dari lagu ini sptnya bukan masalah ikhlas gak ikhlas ya.. tapi masalahnya sptnya ‘she’ maafin ‘the man’. tapi ‘he’ udah pergi setelah melakukan kesalahan terhadap ‘she’. ‘she ‘maafin ‘he’ tapi ga bisa ngelupain ‘he’. bukannya ‘she’ ga rela maafin ‘he’, tapi ‘she’ susah ngelupain ‘he’, jadi bukan ga bisa ngelupain kesalahannya. hmm… belibet gini… tapi ga bingung kan? :p

terlepas dari lagu itu, masalah ‘forgiven not forgotten’ ini mnrt gw tergantung kesalahannya apa. jg siapa yg membuat kesalahan. bisa aja orangnya dimaafin tp perbuatannya nggak, & itu bisa jd peringatan spy kesalahannya itu ga diulangi lagi.

sblm membahas ‘forgiven but not forgotten’ ini lebih lanjut, gue jadi iseng membuat kata ‘forgiven’ dan ‘forgotten’ itu bisa jadi beberapa versi plus penjelasan & contohnya. but it’s only my opinion & a bit for fun. check it out ;P

1. forgiven and forgotten

kondisi ideal. ikhlas lahir batin. kalo aja semua org bisa begini, dunia akan damai tentram. semua org bisa saling memaafkan dg ikhlas. bagi yg pny salah, tentunya pengen diginiin. tp bg si korban, hebat bgt deh kl bisa begini. top!
tapi tergantung siapa yg berbuat salah dan apa perbuatannya juga sih. kalo kek temen deket yg suka cela2an, keknya separah apapun celaannya, tetep aja ga dimasukkin ke dlm hati.

contoh:
dua orang sahabat dekat yg sering nongkrong bareng tiap weekend. bbrp minggu ga ketemu, hanya ngobrol lewat ym atau imel. pas ketemu salah satunya komentar:
A: “gile, makin gendut aja, man… lama2 mirip sama kulkas 2 pintu, lo.”
B: “geblek!”
A & B tertawa berbarengan: “huahuahuahua”
gak ada yg sakit hati karena dikatain ‘kulkas 2 pintu’ atau ‘geblek’.

2. forgiven but not forgotten

ini yg dibilang fake forgiveness? maafin tapi kok ga rela, masih diinget2 aja. jadi sebenernya maafin apa nggak sih?

well, liat dulu kondisinya. seberapa besar kesalahannya dan seberapa parah ‘kerusakan’ yg diakibatkannya.

misalnya seorang anak mecahin kaca jendela rumahnya pake bola baseball secara ga sengaja, krn dia sedang latihan baseball. trus dia dimarahin ibunya, karena jelas dia salah; latihan baseball kok di dlm rumah?! si anak minta maaf ke ibunya, trus ibunya bilang: “ya udah, ibu maafin. mau diapain lagi? kacanya juga udah pecah kok. nanti diganti. tapi lain kali jangan maen bola di dalam rumah ya?”

sampe tu anak gede, gue yakin dia & ibunya masih ingat kejadian itu, meskipun ibunya udah maafin dia – sambil memberi peringatan supaya kesalahannya itu ga diulangi lagi.

apakah ibunya ga ikhlas maafin si anak krn dia ttp ingat kalo anaknya itu pernah mecahin kaca jendela? jadi mendingan tu anak jangan dimaafin drpd dimaafin tapi kesalahannya ttp diinget? trus kalo ga bisa dimaafin, anak itu harus dihukum? seberat apakah hukuman buat anak yg mecahin kaca jendela? trus apakah dg hukuman itu kaca jendela jadi ga pecah lagi?

nggak kan?

u can’t fix the broken glass.
mau diapain lagi, org udah pecah kok… tapi yaudah, terima keadaan aja kalo kaca itu udah pecah. beli kaca baru. dan jaga supaya kaca baru itu ga pecah lagi. so jangan mengulang kesalahan yg sama. itu harus diingat. soalnya kalo lupa, bisa2 kejadian itu terulang lagi.

3. not forgiven but forgotten

gak dimaafin tapi dilupain.

percakapan imajiner:
X: “aduh sori, man… gue salah. maaf yaa…”
Y: “ah udah deh… gue males ribut. mendingan elo pergi dari sini. dan kita ga usah ketemu lagi. bete gue sama elo.”
X: “aduuuhh gue kan udah minta maaf, man.. elo mau maafin gue kan, man?”
Y: “udah deh mendingan ga usah dibahas. elo pergi aja sekarang. gue males liat tampang lo.”
dan kemudian mrk pergi dan saling melupakan. mungkin itu jalan yg terbaik, drpd ribut2 atau pura2 maafin tapi hati masih dongkol? hehe…

hmm… mungkin anz bisa menjelaskan lebih lanjut? 😉
(kita posting ini janjian loh. hehe…)

4. not forgiven and not forgotten

*backsound berubah jd lagu unforgiven – metallica.*
ini mungkin yg dinamain dg dendam kesumat. musuh bebuyutan. sampe2 penerusnya pun ikut bermusuhan, pdhal ga tau awal & pokok permasalahannya apa.

contohnya tawuran antar geng, sekolah,kampus, atau kampung.
no need more explanation, i think 😛

so, yg mana yg menurut kalian paling enak, paling gampang dilakukan, it depends on you, guys. yg jelas, maaf memaafkan itu butuh 2 pihak. yg satu minta maaf, yg lain memaafkan. tapi kita ga bisa maksain orang utk minta maaf ke kita kalo dia bikin salah, krn ga semua org punya kesadaran kalo dia salah. dan kita juga ga bisa maksain orang utk maafin kita, meski kita udah ngaku salah & minta maaf.
yahh… semua kembali ke diri masing2 aja. orang kan kapasitasnya beda, pun bagian2nya.

so, do your part. and the rest is leave it to them.
have a nice day 🙂

image take from gettyimages

35 thoughts on “forgiven or forgotten?

  1. huehuehue…. boleh.. boleh… kalo itu gue sering begitu. contohnya anz, tiba2 minta maaf ke gue. gue yg… “ha? emang elo pernah bikin salah apa ke gue??” tapi anz-nya tetep kekeh ngaku salah meski dia ga bilang salahnya apa. hueee… lah gue aja ga tau salah dia apa, jadi apa yg perlu gue maafin? huahuahuahua….

  2. greyskymorning said: anz-nya tetep kekeh ngaku salah meski dia ga bilang salahnya apa. hueee… lah gue aja ga tau salah dia apa, jadi apa yg perlu gue maafin? huahuahuahua….

    eh, ini ada riwayatnyaaaa…coba deh baca jurnal gue. ada kok disitu kenapa gue suka tiba-tiba mengaku salah… ;p

  3. buat gw, forgiven but not forgotten akan berarti gw memaafkan kesalahan orang lain tapi tidak melupakan kesalahan yang gw buat yaitu membiarkan orang itu melakukan kesalahan yang melukai gw.one thing leads to another 🙂

  4. lifetoday said: forgiven but not forgotten akan berarti gw memaafkan kesalahan orang lain tapi tidak melupakan kesalahan yang gw buat yaitu membiarkan orang itu melakukan kesalahan yang melukai gw.

    dg kata lain, kita memaafkan orang lain tapi harus ttp waspada dengan kesalahan yg sama yg akan melukai kita. yes?

  5. prazz said: option lagi:just forgotten… jadi gak perlu lagi memaafkan, wong gak inget juga dia salahnya apa…. ;P

    sebenarnya anjuran di agama gue soal utang juga bisa dikaitkan dengan masalah ini. agama gue menganjurkan agar kita melupakan piutang kita tapi mengingat utang kita kepada orang lain. kalau semua orang lain menerapkan hal ini maka di dunia tidak ada lagi utang piutang. usahakan untuk let go kesalahan orang lain dan orang lain juga begitu dengan kesalahan kita niscaya dunia akan lebih indah..but then again praktiknya (jauh) lebih susah dari teori..hahahahah…

  6. spinkage said: gw termasuk susah maafin orang, dan susah buat lupa :Puntungnya gw masih berpegang teguh sama prisip tabayyun, bahwa tiap cerita, ada dua sisi : )

    hehe… elo pikir gue orang yg gampang maafin??kadang gue bilang udah maafin, oke gue maafin… tapi trus one day tiba2, puff!, luka itu terbuka lagi dan mendatangkan dendam – tanpa gue sadari. tapi trus mau apa? mau bunuh orang itu? mau menjadi sama buruknya dengan orang itu?ah, mending nerusin hidup dan mencari suasana baru 😉

  7. gue sadar kalo gue juga suka menyimpan dendam. terbukti dengan postingan2 dan puisi2 berbau pembunuhan, penyiksaan, dan self destruction. ada kepuasan tersendiri kalo gue abis nulis itu. semacam penyaluran energi negatif. drpd gue bunuh org beneran atau nyiksa diri sendiri. kan rugi.kemudian gue ttp berusaha utk maafin. meskipun susah dan sering on-off. tapi gue pengen menjadi orang yg lebih baik daripada org yg melukai gue itu, maka gue akan berusaha maafin. gue akan ttp inget sama kesalahannya, itu supaya gue bisa berhati2 menghadapi org itu atau org semacam itu.

  8. mandey said: usahakan untuk let go kesalahan orang lain dan orang lain juga begitu dengan kesalahan kita niscaya dunia akan lebih indah..but then again praktiknya (jauh) lebih susah dari teori..hahahahah…

    yea… begitulah… hueuhehuehue….

  9. putumarcella said: mendingan gak ketemu orangnya sekalian.. jadi gak ada yang di bahas.. gak ada yang dimaafin dan gak saling nyakitin orang… sibuk aja sendiri…hehe

    yah, pada akhirnya begitu lebih baik :Ptapi gimana kalo salah satu pihak mengakui kesalahan dan minta maaf? karena dia ga bisa ngelupain kesalahan yg dia buat dan ga bisa ngelupain org tsb? sementara kesalahan itu ga semuanya adalah kesalahan dia sendiri…???

  10. riaa said: gw…. suka amnesia jdnya ga tau juga… dalam banyak hal sih gw bawa enjoy dan cuek aja lah…

    hahaha… kalo org bikin kesalahan2 kecil gue juga suka begitu, ri. suka ga nyadar dan cepet lupa. umm.. mungkin itu bukan kesalahan yg melukai hati, jadi bisa cuek & cepet lupa 😛

  11. greyskymorning said: yah, pada akhirnya begitu lebih baik :Ptapi gimana kalo salah satu pihak mengakui kesalahan dan minta maaf? karena dia ga bisa ngelupain kesalahan yg dia buat dan ga bisa ngelupain org tsb? sementara kesalahan itu ga semuanya adalah kesalahan dia sendiri…???

    yang minta maaf yah..minta maaf aja.. toh udah ada niat.. kalo org tsb gak maafin yah udah.. move on dong..yang penting udah minta maafmau kesalahan nya di bagi dua keq atau gimana…. udah lahh both of them should move on.. we all did the best we can tohh..

  12. putumarcella said: udah lahh both of them should move on..

    yep. maaf memaafkan itu butuh 2 pihak. yg satu minta maaf, yg lain memaafkan. tapi kita ga bisa maksain orang utk minta maaf ke kita kalo dia bikin salah, krn ga semua org punya kesadaran kalo dia salah. dan kita juga ga bisa maksain orang utk maafin kita, meski kita udah ngaku salah & minta maaf.yahh… semua kembali ke diri masing2 aja. orang kan kapasitasnya beda, pun bagian2nya. so do your part, the rest is leave it to them. *copy paste postingan sendiri*

  13. Hahaha pengalaman gua banget… aku di pihak yang tidak termaafkan.. tapi yaa sudahlah mo diapain lagi. Di kasih maaf seeh tapi ya gitu “ga usaha ketemuan lagi”. Prinsipnya aku dah minta maaf perkara dia dendam, aku tak peduli, munding eh mending aku berkelana lagi 😉

  14. tingkatan karakter kita… jadi karakter kamu gimana… dan udah sampe level berapa… makin tinggi ya makin bagus… yaa seperti sedang bermain game lah… kalo udah bisa ngalahin raja musuh, level makin tinggi kan? *entah membantu atau tidak dengan penjelasan ini* 😛

  15. greyskymorning said: tingkatan karakter kita… jadi karakter kamu gimana… dan udah sampe level berapa… makin tinggi ya makin bagus… yaa seperti sedang bermain game lah… kalo udah bisa ngalahin raja musuh, level makin tinggi kan? *entah membantu atau tidak dengan penjelasan ini* 😛

    oh getooh, ya ya ya ya, makasih bu 😉

say something

