the x

Pertokoan itu agak sepi. Koridor panjangnya terlihat lengang. Mungkin karena memang sudah malam, toko-toko sudah hampir tutup. Tapi aku tetap melihat-lihat etalase. Barisan notebook dan asesoris komputer masih menyita perhatianku.

Tiba-tiba sebuah suara menegur dan menyebut namaku.
“Fey?”

Aku menoleh dan langsung terkejut. Tak siap dengan pertemuan ini. Tak siap melihat wajah itu lagi.

“Fey? Apa kabar?” wajahnya sumringah. Ia mengulurkan tangannya untuk menjabat tanganku.

Dengan cepat aku dapat menguasai diri. Dengan tenang aku menjabat tangannya dan tersenyum, “Kabar baik. Apa kabar?”

“Baik… baik. Wah nggak nyangka ketemu kamu di sini. Lagi ngapain?”
“Tadi abis beli game baru,” ujarku sambil menepuk-nepuk tasku. “Trus liat-liat gadget. Kamu sendiri ngapain? Bukannya udah pindah? Kok jauh amat sampe sini?”
“Masih suka main game, ya? Masih suka ngiler gak kalo ngeliat gadget?” dia tersenyum. Aku menjawab dengan senyuman menyeringai.
“Aku lagi iseng aja. Tadi sore ada meeting di deket-deket sini. Pulangnya mampir ke sini deh sambil liat-liat gadget baru. Sekalian beli memory card nih, sama HD eksternal.”

Aku tersenyum lagi. Ternyata dia masih hobi komputer dan gadget juga. Sama seperti aku.

“Sama siapa kamu ke sini?”
“Sendiri.”
“Sendiri? Iseng amat. Nggak minta temenin sama temen atau pacar?”
Aku tertawa pelan, “Lagi pengen hunting sendiri aja…”
“Ngomong-ngomong pacar kamu mana?” tanyanya tersenyum menggodaku.
“Nggak ada,” jawabku sambil senyum lebar.
“Bukannya ada? Yang kamu bawa di resepsi pernikahanku?”
“Ooh itu… Udah putus. Udah lama putusnya.”
“Loh, kenapa? Kok putus? Aku pikir kamu bakal nyusul aku secepatnya.”
“Yaa… nggak cocok aja…”
“Eh, kita ngobrolnya di tempat lain yuk. Kamu udah makan? Temenin aku makan, mau ya? Sebentar aja…”
“Euh… nggak usah deh. Udah malem. Istri kamu pasti nunggu.”
“Ah, nggak apa-apa. Sebentar aja. Aku udah bilang kok bakal pulang telat. Nanti aku antar kamu sampai rumah. Mau ya?”
“Ummm…”

Akhirnya aku ikut dia ke sebuah restoran di dekat situ dan makan malam dengannya. Sudah lama sekali sejak kami terakhir makan malam berdua.

“Geez… udah berapa tahun kita gak ketemu? Kamu tambah cantik aja…”
Aku pura-pura tidak mendengar kalimat terakhirnya. “Terakhir kita ketemu yaa di pernikahan kamu. Itu… setahun yang lalu ya? Anakmu udah umur berapa?”
“Satu setengah tahun yang lalu. Anakku masih di perut ibunya. Kira-kira bulan depan lahir.”
“Wah… selamat ya…” otomatis aku tersenyum seperti layaknya menerima kabar gembira biasa.
“Makasih,” dia tersenyum. “Aku kangen senyum itu…”
“Ha?”
“Senyum kamu. Barusan kamu senyum itu, lho… trus mata kamu berbinar-binar… Gosh… I miss you, Fey.”
Aku tertawa, “Waduh! Eling woii… eling… ditungguin istri dan calon anak tuh di rumah…”
Dia ikut tertawa.

“Oke, sudah cukup cerita tentangku. Sekarang kamu dong yang cerita…”
“Cerita apa?”
“Apa aja. Aku pengen denger apa aja tentang kamu.”
“Apa ya?”
“Yaa.. terserah. Kegiatan kamu, kerjaan kamu, pacar kamu, kenapa kamu putus, kapan putusnya, trus ada pacar baru lagi apa gimana… Anything.”
“Hmmm…”
“Hmm?”
“Kita putus udah berapa lama sih? Tiga tahunan ya kalo nggak salah? Sejak putus sama kamu, aku udah pacaran dua kali. Dan dua-duanya kandas. Sementara kamu udah menikah dan sebentar lagi punya anak. Ah… aku iri…” aku cengengesan.

Aku tidak merasa sedih. Hanya saja merasa tertohok dengan keadaan itu. Dulu kami pacaran tidak sampai setahun, dan kemudian putus karena kami mempunyai cara pandang yang berbeda. Setelah putus kami jarang berkomunikasi. Tapi sebenarnya kami masih berteman dan sesekali masih saling menghubungi jika ada keperluan. Sekarang hidupnya sudah berubah menjadi lebih baik sementara aku masih begini-begini saja. Tapi aku tidak cemburu. Aku sudah mengikhlaskannya. Aku bahkan hadir di pesta pernikahannya setahun yang lalu tanpa beban sama sekali.

“Jangan khawatir. Nanti juga kamu ketemu sama seseorang yang terbaik buat kamu,” ia menghiburku. Basi, pikirku geli. Tapi toh aku tersenyum juga dan meng-amin-i kalimatnya.

“Kamu tahu nggak, belum lama ini aku mimpiin kamu, loh. Makanya tadi sempet kaget pas keluar toko ngeliat kamu di situ. Nggak nyangka bisa ketemu lagi..”
“Oya? Mimpi apa?”
“Mimpi kita kissing. Just like the old days.”
“Ah. Gila.”
“Ya namanya juga mimpi…”
“Iya. Itu cuma bunga tidur. Atau mungkin secara gak sadar potongan-potongan memori muncul begitu aja tanpa diduga.”
“Uh hu.”

Diam beberapa saat. Hanya menikmati hidangan di depan kami. Dia sibuk dengan tenderloin steak kesukaannya. Sementara aku dengan pelan menghabiskan sisa sapi lada hitamku. Perutku sudah merasa kenyang sejak 5 menit yang lalu.

“Fey?”
“Ya?”
“May I kiss you?”
“HA?!”
“I want to kiss you. For the last time. May I?”
“You crazy? You’re married now. You have a wife waiting for you to come home. And she’s pregnant. How could you wanna kiss someone else?”
“I don’t know. I just want to. Izinkan aku menciummu untuk yang terakhir kalinya…”
Aku mengernyitkan kening, “What kind of kiss? cium pipi? kening?”
“How about french kiss?”
“You’re such an asshole…”
“Curse me anything. Just give me one simple kiss. For the old time’s sake.”
“Take me home now,” dengan menahan marah aku meletakkan sendok dan garpuku di atas piring. Siap berdiri.
“Fey…”
“Ga usah, deh. Aku bisa naik taksi sendiri,” aku meraih tasku dan berdiri dari kursi.
“Fey, jangan marah, dong… Maaf…”
“Kamu pikir aku apa?? Mau di-kiss sama mantan yang udah punya istri?”
“Iya, maaf… maaf… Ya sudah… forget it. Aku nggak akan minta itu lagi. Maaf. Ayo aku antar pulang. Jangan naik taksi.”

Sepanjang perjalanan menuju rumahku aku lebih banyak berdiam diri. Segala macam pikiran berkecamuk dalam benakku. Sementara dia berkali-kali minta maaf.
“Aku gak bermaksud apa-apa. Cuma tadi tiba-tiba kepingin aja. Impulsive. Aku tahu aku salah. Harusnya nggak ngomong itu… Maaf, ya?”

Akhirnya kami tiba di depan rumahku.
“Fey, maafin aku ya? Hidupku gak akan tenang kalau kamu belum maafin aku soal ini. Lupakan aku pernah ngomong gitu ke kamu, ya?” ia menyodorkan tangannya ingin menjabat tanganku.

Aku menoleh ke arahnya. “Dimaafkan. Tapi jangan diulangi lagi, ya? Apalagi sebentar lagi kamu jadi ayah. Nggak baik begitu…” aku menjabat tangannya lagi.

“Makasih,” ia mencium tanganku dengan cepat. Aku tak sempat menariknya. Ah, biarlah kalau hanya tangan.

“Thanks ya, udah diantar. Hati-hati pulangnya,” aku turun dari mobil.
“Sampai ketemu lagi?” ia melambaikan tangannya.
Aku tak menjawab. Hanya tersenyum. Dia pun menjalankan mobilnya menjauhi rumahku.

Seandainya kamu belum menikah dan akan punya anak, mungkin aku mau dicium sama kamu… Sekali saja. Demi masa lalu…

24 jam kemudian.

Sebuah SMS masuk, dari Ninda teman lamaku.

“Fey, udah dpt kbr blm? Rio kecelakaan kemarin malam. Mobilnya disalip org. Krn menghindar dia malah nabrak tiang billboard. Msk RS. Lukanya parah. Tadi siang akhirnya meninggal. Kasian istrinya lagi hamil 8 bulan. Ke rumah duka, yuk? Kabar2in ya…”

Seketika aku merasa sebuah gada besar menghantam kepalaku. Membuat kepalaku pusing dan pandanganku berputar-putar. Aku limbung dan jatuh lemas. Dan semua menjadi gelap.

All that he wanted is kiss me for the last time…

35 thoughts on “the x

  1. pinkq said: ihhhhhhhhhhh….. antara sedih, dan menyeramkan… ini elo yang nulis ta ??? gak percaya… but nice writing 🙂

    thanks :)yep, ini tulisan gue. bikinnya tadi subuh jam 3an. tadi sblm dipublish sempet mengalami sedikit pengeditan.hehe… coba klik tags-nya. fiction itu. akan kamyu temui cerita2 bikinankyu yg “sejiwa” 😛

  2. motemo said: alamat banyak yang mati nih cowok cowok kalo gini caranya … semuanya endingnya mati … aduh!

    hmm… di dunia ini udah kebanyakan cewe ya? sementara cowonya sedikit. perbandingan yg ga seimbang. hmm.. baiklah… cerita berikutnya… yg mati cewe deh.

  3. greyskymorning said: “Geez… udah berapa tahun kita gak ketemu? Kamu tambah cantik aja…”

    haha. kalo temen gue beda lagi, bukan bilang tambah cantik, tapi…”Tambah kucel aja…”kekeke. tapi emang tu cewek tambah kucel. tak terawat…

  4. anzarra said: “Tambah kucel aja…”

    wah… dia harus nonton E! tuh”after the break up, next time u meet your ex you have to be more pretty than usual. cuz being pretty is the best revenge”. mowahahaha…..ya kalo ga bisa tambah cantik, yg penting harus tambah keren. begitu 😛

  5. snydez said: terinspirasi ratu plasa dan mantan penyanyi Jingga ya? 😀

    ha? emang ada apa dg ratu plasa dan mantan penyanyi jingga?*ga ngerti*eh… pertokoannya sih iya settingnya di ratplaz :Dtapi ada apa dg mantan penyanyi jingga?

say something

